BAHAYA KEBIASAAN NONGKRONG & MINUM KOPI MALAM HARI, STOP SEBELUM TERLAMBAT!

Sahabat Permata, minum kopi di malam hari mungkin terdengar seperti kebiasaan yang umum dan tidak berbahaya bagi kita, apalagi bagi anak muda atau bapak-bapak yang suka nongkrong di kafe dan di pos kamling komplek sambil ngobrol ngalor ngidul. Akan tetapi ternyata hal itu bisa memberikan dampak negatif yang cukup serius bagi kesehatan. Banyak orang yang belum menyadari fakta-fakta penting di balik kebiasaan ini, sehingga tanpa sengaja mereka terus melakukannya tanpa mengetahui risikonya.

Salah satu studi penelitian tahun 2006 di “Annals of Internal Medicine” menemukan fakta bahwa ketika subjek penelitian yang mengonsumsi kafein di malam hari untuk meningkatkan mengemudi, menghasilkan kinerja yang memadai dibandingkan dengan individu yang tidak menggunakan kafein saat mengemudi.

Dari hasil penelitian ini akhirnya mereka menemukan fakta-fakta baru bahwa kebiasaan konsumsi kopi di malam hari juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan di dalam tubuh kita yaitu antara lain:

1. Mengganggu waktu tidur normal
Kita semua tahu bahwa minum kopi dapat membuat kita sulit untuk tidur, tapi tahukah Anda alasan di balik hal itu? Kafein yang terkandung dalam kopi bekerja dengan cara menghambat produksi adenosin, yaitu zat kimia alami yang membantu tubuh kita untuk merasa mengantuk dan siap untuk tidur. Ketika adenosin dihambat, otak kita akan tetap terjaga dan sulit untuk beristirahat.

Nah, masalahnya adalah, efek kafein ini bisa bertahan hingga 8-12 jam setelah kita meminumnya. Jadi, jika Anda minum kopi di malam hari, misalnya pukul 8 malam, maka efek kafeinnya baru akan hilang sekitar pukul 4-8 pagi. Akibatnya, Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur dan memperoleh istirahat yang cukup. Ini bisa berakibat buruk bagi kualitas tidur Anda.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting bagi kesehatan tubuh dan mental kita. Saat tidur, tubuh melakukan berbagai proses pemulihan dan regenerasi yang vital untuk menjaga fungsi organ-organ vital. Jika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka tubuh akan kekurangan waktu untuk melakukan proses-proses tersebut, sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Resiko gangguan pencernaan
Kafein dalam kopi dapat menstimulasi produksi asam lambung yang berlebihan. Ini bisa memicu gejala-gejala seperti heartburn, refluks asam lambung, bahkan radang lambung (gastritis). Orang-orang yang memiliki masalah pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau penyakit maag, akan semakin diperparah dengan kebiasaan minum kopi di malam hari.

3. Dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung
Efek ini bisa berlangsung hingga beberapa jam setelah minum kopi. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, kebiasaan ini tentu sangat berbahaya dan berisiko memperburuk kondisi mereka.

4. Mengganggu sistem saraf
Kafein bekerja dengan cara merangsang sistem saraf pusat, yang dapat menyebabkan gejala-gejala seperti kecemasan, tremor, sakit kepala, bahkan gangguan konsentrasi. Bagi mereka yang sensitive terhadap kafein, efek-efek ini bisa sangat mengganggu dan menimbulkan masalah dalam aktivitas sehari-hari.

5. Bisa terkena dibates tipe 2

Rasa kopi yang manis apalagi bercampur pahitnya kopi dengan paduan es tentu sangat menggoda. Perlu diperhatikan bahwa minum es kopi secara berlebihan memiliki efek samping bagi kesehatan. Es kopi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Nah, sahabat Permata, sekarang Anda tahu betapa berbahayanya kebiasaan minum kopi di malam hari. Lalu, apa yang harus dilakukan? Tentu saja Anda untuk berhenti melakukan kebiasaan ini sebelum terlambat. Jika Anda memang membutuhkan asupan kafein, usahakan untuk meminumnya di pagi atau siang hari saja, dan jangan lebih dari 400 miligram per hari (setara dengan 4 cangkir kopi).

Selain itu, ada beberapa alternatif minuman lain yang bisa Anda coba sebagai pengganti kopi di malam hari. Salah satunya adalah teh herbal tanpa kafein, seperti chamomile, valerian, atau lavender. Minuman-minuman ini tidak hanya aman untuk dikonsumsi di malam hari, tapi juga dapat membantu Anda untuk rileks dan lebih mudah tidur.

Jika Anda memang sangat sulit untuk berhenti minum kopi di malam hari, cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit. Misalnya, kurangi porsi kopi Anda atau ganti dengan minuman lain yang mengandung sedikit kafein, seperti teh hitam atau teh hijau. Lakukan perubahan ini secara bertahap agar tubuh Anda bisa beradaptasi dengan baik.

Ingatlah, kesehatan adalah yang terpenting. Jangan biarkan kebiasaan buruk seperti minum kopi di malam hari merusak kesejahteraan Anda. Ambil langkah-langkah pencegahan sekarang sebelum terlambat. Dengan sedikit usaha dan komitmen, Anda bisa bebas dari masalah-masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Article by marketing