DARURAT DEMAM BERDARAH, SAAT YANG TEPAT UNTUK VAKSIN DBD DENGUE?

Salam Sehat Sahabat Permata! Kasus Demam Berdarah (DBD) di Indonesia telah mencapai angka 35.000 orang dan 316 jiwa telah meninggal dunia berdasarkan situs CNBC (26 Maret 2024). Angka ini sangat mengkhawatirkan dan menunjukkan bahwa kita berada dalam keadaan darurat Demam Berdarah.

Demam Berdarah atau yang sering disebut sebagai DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini menyebar melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi. DBD dapat menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kasus DBD yang semakin meningkat di Indonesia harus membuat kita sadar akan pentingnya mengantisipasi dan mengatasi masalah ini dengan serius. Semua pihak harus bersatu padu, aparat pemerintah hingga kita masing-masing pelaku masyarakat. Kita tidak boleh menganggap remeh penyakit ini, karena dampaknya dapat sangat berbahaya dan bahkan bisa berujung pada kematian.

Maka dari itu, dr. Adi Kurniawan Sp.PD, FINASIM selaku dokter spesialis penyakit dalam RS Permata Jonggol memberika beberapa tips berikut agar kita bisa mulai mengambil tindakan sekarang juga muali dari lingkungan sekitar! Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kita dalam mengatasi Demam Berdarah:

  1. Jaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Nyamuk Aedes aegypti biasanya berkembang biak di tempat yang kotor dan lembab, seperti genangan air dan sampah yang menumpuk. Oleh karena itu, jaga kebersihan lingkungan sekitar rumah Anda dengan 3M, Menguras penampungan air, menutup penampungan air dan mengubur barang bekas. Serta buang sampah pada tempatnya dan pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah.
  2. Gunakan kelambu saat tidur untuk mencegah gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan Demam Berdarah. Pastikan kelambu tersebut dalam kondisi yang baik dan tidak memiliki lubang yang dapat dilewati oleh nyamuk.
  3. Gunakan obat anti nyamuk seperti lotion atau spray yang dapat mengusir nyamuk. Pastikan obat yang Anda gunakan aman dan sesuai dengan aturan penggunaannya.
  4. Perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses pemulihan.
  5. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala DBD. Jika anda mengalami gejala seperti demam tinggi, nyeri pada tubuh, dan munculnya ruam merah, segera periksakan diri ke dokter. Semakin cepat ditangani, semakin besar peluang untuk pulih dari penyakit ini.

Sahabat Permata, Demam Berdarah adalah musuh bersama yang harus kita lawan. Mari kita bersama-sama melakukan tindakan preventif dan mengatasi masalah ini sebelum semakin parah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri serta keluarga.

Selain itu dr. Adi juga menyarankan bahwa sebagai langkah kongkrit yang paling komprehensif yang bisa kita lakukan untuk mengatasi DBD selain 3M + yaitu dengan melakukan Vaksin DBD Dengue. Vaksin DBD Dengue ini sudah teruji klinis melalui proses riset yang panjang dan sudah terbukti efektif dilakukan di berbagai negara di Eropa. Vaksin ini bisa diberikan pada usia 6 sampai 45 tahun atas rekomendasi dokter dengan 2 kali suntik jarak 2 bulan.

Segera hubungi RS Permata Jonggol untuk mendapatkan vaksin DBD Dengue melalui WA 085710006822. Bersama kita dapat menghadapi darurat Demam Berdarah dan melindungi diri kita dari penyakit yang mengerikan ini. Stay safe and healthy!

Article by marketing