Jurus 3M Plus & Vaksin DBD Ampuh Tangkis Penyebaran Virus Demam Berdarah Dengue

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan virus demam berdarah dengue. Penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini telah menjadi masalah kesehatan yang serius di beberapa negara, termasuk Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan kasus demam berdarah dengue dilaporkan dan menyebabkan kematian.

Namun, kita tidak perlu panik atau takut dengan virus ini. Kita dapat melakukan langkah-langkah yang sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus demam berdarah dengue. Cara ini dikenal sebagai Jurus 3M Plus. Apa itu Jurus 3M Plus? Mari kita pelajari lebih lanjut.

Jurus 3M Plus adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus demam berdarah dengue. 3M tersebut adalah singkatan dari Menguras, Menutup, dan Mengubur. Sedangkan Plus menandakan langkah tambahan yang perlu kita lakukan. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk kita simak bersama-sama.

Pertama, Menguras. Kita perlu menguras semua tempat yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, seperti bak mandi, baskom, dan pot bunga yang berisi air. Kita juga perlu menguras penampungan air seperti ember atau gentong setidaknya seminggu sekali. Dengan menguras, nyamuk tidak akan dapat bertelur dan berkembang biak.

Kedua, Menutup. Tutup semua tempat yang dapat menjadi tempat masuknya nyamuk, seperti drum, tempat penampungan air, dan bak mandi. Pastikan juga saluran-saluran pembuangan air tetap tertutup dengan rapat. Dengan menutup, nyamuk tidak akan dapat masuk dan bertelur.

Ketiga, Mengubur. Jika kita menemukan adanya barang-barang yang tidak terpakai seperti botol, kaleng, atau ban bekas, sebaiknya kita menguburkannya. Jangan biarkan barang-barang tersebut terbengkalai di halaman rumah atau tempat-tempat lain yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Dengan mengubur, kita dapat mencegah nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak.

Selain ketiga langkah di atas, ada juga langkah tambahan yang perlu kita lakukan, yaitu menggunakan anti nyamuk. Kita dapat menggunakan anti nyamuk semprot atau elektrik yang dapat ditempatkan di tempat-tempat yang rawan dengan nyamuk. Selain itu, kita juga perlu menggunakan kelambu saat tidur untuk mencegah gigitan nyamuk yang dapat menularkan virus demam berdarah dengue.

Menurut dr. Adi Kurniawan Sp.PD, FINASIM dokter spesialis penyakit dalam, hal yang perlu kita lakukan selain 3M Plus untuk mencegah dampak buruk dari DBD adalah dengan melakukan vaksin DBD. Saat ini di RS Permata Jonggol sudah tersedia vaksin DBD Dengue untuk usia 5 sampai 45 tahun dengan 2 kali dosis. Vaksin ini bertujuan untuk mengurangi dampak buruk yang bisa disebabkan oleh virus DBD dan sudah teruji di berbagai negara di Eropa dan Asia.

Nah, dengan melakukan Jurus 3M Plus dan vaksin, kita dapat mencegah penyebaran virus demam berdarah dengue. Namun, hal ini juga tidak akan berjalan efektif jika kita tidak bekerja sama dan melibatkan semua orang di sekitar kita. Mari kita ajak keluarga, tetangga, dan teman-teman untuk melakukan Jurus 3M Plus bersama-sama. Kita juga dapat mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran virus dengan melakukan vaksin. Selamat mencegah, selamat sehat! Untuk informasi seputar Vaksin DBD bisa hubungi WA admin RS Permata Jonggol di 085710006822

Article by marketing