KENALI BAHAYA & GEJALA ANEMIA APLASTIK YANG DIIDAP ALMARHUM BABE CABITA SEJAK DINI

Sahabat Permata, mungkin kita semua masih terkejut dengan kabar meninggalnya komedian ternama Babe Cabita yang disebabkan oleh penyakit anemia aplastik. Sebelumnya kita sama-sama berdoa semoga arwah almarhum diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa dan dilipatgandakan segala amal ibadahnya. Anemia aplastik, Penyakit ini memang tidak terlalu familiar di telinga kita, namun bisa sangat berbahaya jika tidak segera diobati. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal lebih jauh mengenai penyakit ini, apa penyebabnya, gejalanya, serta bagaimana cara mencegahnya.

Anemia aplastik merupakan suatu kondisi medis yang ditandai dengan produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit yang sangat rendah. Hal ini terjadi karena sumsum tulang tidak dapat memproduksi sel darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi sangat lemah dan rentan terhadap infeksi dan pendarahan.

Dokter Spesialis penyakit dalam RS Permata Jonggol dr. M Hanif Wibowo, M.Ked(PD), Sp.PD menyebutkan bahwa “anemia aplastik merupakan salah satu penyakit berbahaya. Salah satu tanda utama seseorang kena anemia aplastik yaitu turunnya kadar sel darah merah atau hemogloblin (HB) disertai dengan gejala mudah lelah, sesak nafas, pusing, dan mata sering berkunang-kunang.”

Adapun salah satu penyebab anemia aplastik adalah karena paparan bahan kimia berbahaya seperti pestisida, zat radioaktif, dan obat-obatan tertentu. Selain itu, faktor genetik juga dapat menjadi penyebabnya. Namun, tidak semua orang yang terpapar bahan kimia berbahaya atau memiliki riwayat keluarga dengan anemia aplastik akan mengalami penyakit ini. Ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi, seperti pola makan yang kurang sehat, kebiasaan merokok, serta kurangnya asupan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan anemia aplastik adalah sebagai berikut:

  • Penyakit autoimun yang dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat, termasuk sel pada sumsum tulang.
  • Pernah menjalani perawatan radioterapi atau kemoterapi. Dua perawatan kanker ini berisiko menyebabkan kerusakan sel sehat dalam tubuh.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti beberapa jenis antibiotik dan obat rheumatoid arthritis.
  • Terinfeksi virus tertentu, seperti virus HIV, hepatitis, cytomegalovirus, Epstein-Barr, dan lain sebagainya.
  • Terpapar bahan kimia berbahaya dan terjadi secara terus-menerus, seperti pestisida, benzene, dan lain sebagainya.
  • Kehamilan, karena masa kehamilan berisiko menyebabkan sistem kekebalan tubuh ibu menyerang sel pada sumsum tulang.

Gejala anemia aplastik bisa sangat beragam, tergantung pada tingkat keparahan dan jenis sel darah yang terpengaruh. Namun, beberapa gejala umum yang dapat muncul adalah kelelahan yang berlebihan, pusing, pucat, infeksi yang sering terjadi, dan mudah memar. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Namun, daripada menunggu gejala muncul, lebih baik mencegah anemia aplastik sejak dini. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini, antara lain:

  1. Hindari paparan bahan kimia berbahaya seperti pestisida dan zat radioaktif.
  2. Perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi dan vitamin C, seperti daging merah, sayuran hijau, dan buah-buahan.
  3. Berhenti merokok dan hindari minuman beralkohol.
  4. Rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  5. Rutin periksakan diri ke dokter dan ikuti pola makan yang sehat.

Nah Sahabat Permata, kesehatan adalah hal yang paling berharga dalam hidup kita. Kita tidak pernah tahu kapan penyakit bisa datang menghampiri. Oleh karena itu, mari kita semua lebih peduli dan menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan menerapkan tips pencegahan di atas, kita bisa menghindari risiko terkena anemia aplastik. Jika terjadi hal-hal yang mengindikasikan kondisi tubuh yang tidak baik segera konsultasikan ke dokter kami di 0857-1000-6822. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan dan kesadaran kita akan pentingnya menjaga kesehatan. Terima kasih sudah membaca.

Article by marketing