Kenali Kebijakan Baru Pasien BPJS Kesehatan Wajib Fingerprint & Datang Minimal 1 Jam Sebelum Dokter Praktek!

Sahabat Permata, RS Permata Jonggol terus berbenah untuk memberikan pelayana terbaik untuk masyarakat. Kami juga terus berkomitmen untuk mengatasi masalah pelayanan yang terjadi di Rumah Sakit terutama untuk pasien BPJS Kesehatan. Masalah antrean pendaftaran dan jadwal tunggu masih menjadi kendala yang terus dikeluhkan oleh masyarakat. Nah, buat kamu yang rutin berobat ke poli spesialis dengan menggunakan BPJS Kesehatan, ada kabar penting nih! BPJS Kesehatan baru saja mengeluarkan kebijakan baru terkait validasi fingerprint. Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan akurasi data pasien, sehingga pelayanan kesehatan bisa semakin optimal.

Apa Itu Kebijakan Fingerprint BPJS Kesehatan?

Kebijakan ini mengharuskan setiap pasien BPJS Kesehatan yang berobat ke poli spesialis untuk melakukan perekaman dan verifikasi sidik jari saat proses pendaftaran. Kebijakan ini nantinya juga akan berlaku untuk semua

Kenapa Fingerprint Dibutuhkan?

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa harus fingerprint? Tenang, ada beberapa alasan di baliknya:

  • Mencegah Penyalahgunaan Kartu BPJS: Fingerprint membantu memastikan bahwa pasien yang berobat adalah pemilik kartu BPJS Kesehatan yang sah. Dengan begitu, penyalahgunaan kartu BPJS dapat dicegah.
  • Mempermudah Identifikasi Pasien: Sidik jari setiap orang unik, jadi fingerprint membantu petugas medis dengan cepat mengidentifikasi pasien dan mengakses riwayat kesehatan mereka.
  • Meningkatkan Akurasi Data: Fingerprint membantu mengurangi kesalahan dalam input data pasien, sehingga data yang tersimpan di sistem BPJS Kesehatan lebih akurat.
  • Mempercepat Proses Pendaftaran: Meskipun terdengar rumit, fingerprint justru dapat mempercepat proses pendaftaran karena tidak perlu lagi mengisikan data-data pribadi berulang kali.

Bagaimana Cara Fingerprint Bekerja?

Tenang, proses fingerprint ini mudah dan cepat! Saat kamu datang ke poli spesialis, petugas pendaftaran akan meminta kamu untuk meletakkan jari kamu pada alat fingerprint. Alat ini akan merekam sidik jari dan memverifikasi data kamu dengan sistem BPJS Kesehatan.

Siapa yang Wajib Fingerprint?

Kebijakan fingerprint ini berlaku untuk semua pasien BPJS Kesehatan yang berobat ke poli spesialis, kecuali pasien anak di bawah 17 tahun.

Aturan Penting yang Perlu Kamu Tahu

  • Datang Lebih Awal: Pastikan kamu datang minimal 1 jam sebelum jadwal praktek dokter untuk memberikan waktu cukup bagi proses pendaftaran dan fingerprint.
  • Wajib Fingerprint: Kamu wajib melakukan fingerprint saat proses pendaftaran, baik itu pendaftaran baru maupun jika sudah memiliki MJKN (Master Jaminan Kesehatan Nasional).
  • Fingerprint di Loket Pendaftaran: Jika kamu sudah mendaftar dengan MJKN, kamu tetap wajib melakukan fingerprint di loket pendaftaran sesuai jadwal dokter.

Semoga informasi mengenai kebijakan fingerprint BPJS Kesehatan ini dapat membantu kamu dalam berobat ke poli spesialis dengan lebih lancar dan nyaman. Jangan lupa, kesehatan adalah aset paling berharga!

Article by marketing