Semua Pasien BPJS Wajib Melakukan Scan Sidik Jari Saat Kunjungan ke RS Permata Jonggol

Ada kabar terbaru nih Sahabat Permata buat kamu yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan sering berobat ke RS Permata Jonggol!

Sekarang, sebelum kamu bisa mendapatkan pelayanan medis, kamu harus siap-siap untuk melakukan scan sidik jari terlebih dahulu. Yup, aturan baru ini berlaku untuk semua pasien, baik itu yang sudah lama terdaftar di BPJS maupun yang baru mendaftar.

Perubahan ini berlaku untuk semua jenis pelayanan di RS Permata Jonggol, baik itu untuk pasien poliklinik rawat jalan maupun pasien yang datang ke IGD. Jadi, baik kamu mau periksa rutin, kontrol penyakit, atau mendadak sakit dan harus ke IGD, scan sidik jari jadi syarat wajibnya.

Kenapa RS Permata Jonggol menerapkan aturan scan sidik jari ini?

Tentu saja ada alasan di balik perubahan ini, antara lain:

1. Mencegah Penyalahgunaan Kartu BPJS

Salah satu tujuan utama dari aturan scan sidik jari ini adalah untuk mencegah penyalahgunaan kartu BPJS. Dengan scan sidik jari, RS Permata Jonggol bisa memastikan bahwa yang berobat adalah pemegang kartu BPJS tersebut. Ini membantu mencegah kasus pemalsuan kartu BPJS atau penyalahgunaan kartu oleh orang lain.

2. Mengoptimalkan Data dan Pelayanan

Scan sidik jari juga membantu RS Permata Jonggol untuk mengoptimalkan data pasien. Data sidik jari yang tersimpan dalam sistem BPJS bisa dihubungkan dengan data pasien, sehingga memudahkan proses pendaftaran, pengecekan riwayat kesehatan, dan pencatatan pengobatan.

3. Meningkatkan Efisiensi Pelayanan

Dengan scan sidik jari, proses pendaftaran pasien bisa jadi lebih cepat dan efisien. Tidak perlu lagi mengisi formulir berulang kali atau menunggu lama untuk verifikasi identitas.

Bagaimana cara melakukan scan sidik jari di RS Permata Jonggol?

Tenang, proses scan sidik jari ini sangat mudah dan cepat. Saat kamu datang ke RS Permata Jonggol, kamu akan diberikan nomor antrian dan akan dipanggil ke meja pendaftaran sesuai dengan nomor urut. Di sana, petugas akan meminta kamu untuk menunjukkan kartu BPJS dan melakukan scan sidik jari.

Kamu hanya perlu menempelkan jari kamu pada sensor sidik jari yang tersedia. Proses ini hanya butuh beberapa detik dan tidak akan terasa sakit sama sekali.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak punya sidik jari yang bisa di scan?

Jika kamu memiliki kondisi medis yang menyebabkan sidik jari kamu tidak bisa di scan, jangan khawatir. Kamu bisa menghubungi petugas pendaftaran di RS Permata Jonggol. Mereka akan membantu kamu dengan alternatif lain untuk verifikasi identitas, seperti dengan menggunakan KTP dan kartu BPJS.

Tips:

  • Pastikan kartu BPJS kamu masih aktif dan dalam kondisi baik.
  • Datanglah lebih awal ke RS Permata Jonggol agar kamu punya waktu yang cukup untuk melakukan scan sidik jari dan proses pendaftaran lainnya.
  • Bawalah dokumen identitas seperti KTP sebagai pelengkap.
  • Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas jika kamu punya pertanyaan atau kendala dalam proses scan sidik jari.

Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkan kamu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RS Permata Jonggol!

Article by marketing